Kamis, 03 Mei 2012

SINOPSIS ANAK KOS DODOL


 

ANAK KOS

 

DODOL







Suatu hari ada seorang remaja bernama DEWI alias Dedew,sekarang diatinggal di indekosan cewek persis di belakang kampus. Puri cantika namanya. Ada 30 cewek berbeda karakter,agama,suku, tinggal satu atap tanpa ibu kos dan terhubung pintu kecil, ada bangunan Puri Cantika I di sebelah. Penghuninya kira-kira tiga puluh cewek juga,kebanyakan mbak-mbak judes. Rumah kos dua lantai bercat pink ini hanya punya satu penjaga. Seorang lelaki tua namun sangat perkasa, Pak Sayuti Margodiputro namanya.
Pak Say alias pak sayuti ini,ia berjibaku sendirian beberes kos,nyucidan nyetrika baju seluruh penghuni kos-n,kata Alisha si dodol yang ngikik dari balik jendela. Urusan lain seperti beli gas dan iuran keamanan kampong menjadi tanggung jawab bersama penghuni kos.Selai itu,mereka juga berbagi dapur dan ruang tamu. Aturannya tamu cowok nggak boleh ngamar.
Karena suasana kayak penampungan,tak heran kalau pertengkaran sering meletus karena hal sepele. Misal karena rumpie di telefon kelamaan,lupa cuci panci umum,nyuri air kulkas tanpa ijin,musik yang berisik,dan macam-macam lagi. Tapi kalau dipikir-pikir,banyak senangnya juga ngekos dengan pasukan seabrek begini. SERU..., Tak pernah kesepian, 24 jam selalu ada teman. Banyak acara heboh bisa dilakukan bareng-bareng.
Di kos tiap hari Minggu ada acara perawatan tubuh rame-rame. Mereka sering malam mingguan bareng,belajar dan bikin tugas sama-sama. Kalau mereka lagi iseng,mereka nyewa DVD pendidikan malam pertama, ckckkcc. Nonton bareng rame-rame sambil nyeletuk ajaib sana-sini.
Soal tolong menolong mereka sudah pasti. Maklum,jauh dari orangtua dan saudara. Teman kos adalah mahkluk pertama kita mintai tolong,terutama soal duit. Hihihihyyy,.,., Pernah nih teman mereka sakit tengah malam buta, langsung deh mereka gotong rame-ramedari tingkat dua ke taksi yang langsung meluncur ke RSU. Saat mereka sedih dan patah hati banyak yang sukarela memberi pelukan dan hiburan. Bagi mereka anak kos adalah ‘THE BOND OF SISTERHOOD’ hihihiyyy... Senasib sepenanggungan.
Dikampus ini,dedew belajar hidup bermasyarakat dalam skala kecil. Belajar bagaimana membawa diri dengan baik. Bagaimana bertoleransi dengan orang lain,menahan mulut usil dan emosi tinggi. Mereka lebih memahami sifat seseorang. Di sini, seorang cewek jadi mandiri,bisa menyelesaikan masalah dengan cerdas. Di puri cantika, mereka jadi lebih kaya pengalaman batin dan saudara sehati.
Hyuukkk.... Lebih dekat dengan mahluk-mahluk antik penghuni kos... yang pertama, ada Dedew alias Dewi,ia mahasiswi salah jurusan,phobia statistik,suka plinplan. Lalu ada tere,anak tunggal,cewek teladan,pantang bangun siang dan tukang ngambek & cengeng.hihihiii,, . Selanjutnya adha sofia,dia cantik,bodi maut,kulit putih mulus,rambut kriting mengenmbang,hobi ketawa ala mbak kunti, n hobi bertingkah sok polos mebahayakan... OMG,., hihihiyy. Ada alisha,dia anak argo,wajah cantik oriental,rambut panjang,tinggi kurus pelupa, impian utama punya bodi montok, dan cuek mampus.
Lalu ada sarah dia jutek,muka mirip artis pemeran sharmila,sering bokek,banyak cowok ngejar-ngejar,impiannya sin pingiun punya dada lebih berisi, dan hobinya jailin orang sampe nangis. Selanjutnya adha sasha, ci lady pink,hobi ngomong Inggris logal jawa timuran, rambut ikal, dada montok,pinggang kecil dan hobi nyanyi di kamar mandi penuh penjiwaan. Kikikikikk,.,. .
Ada cie rasti,dia anak TI,bodi mungil,rambut gelombang ala Marimar,tampang manis bertahi lalat, drama queen,sering pingsan kalo banyak pikiran,bawel dan keras kepala tapi perhatian banget sama teman. Terus ada lesie,dia anaknya lembut ke ibuan,pintar,nggak tega nolak cowok jdi punya banyak pacar, rambut panjang ala gadis sunsilk,ngoleksi lingerie tapi ggak suka pake CD di kos. Hihihihiiyyy, jorok,Lalu ada ugie, dia pengen kurus,pembalap kawakan,cinta banget sama akuntansi,sabar banget ngajar murid lemot & dia setia kawan en perhatian tapi rada tertutup.
Ada mbak nem,dia pelayan tunggal di warung bukos, orangnya sabar banget,sering pusing diutangi anak-anak,suara cempreng,bodi kecil tapi lincah banget. Yang satu ini nih, ada Pak sayuti,dia satu-satunya laki-laki di kos-kosan. Dia orangnya tuh tua-tua keladi,alias perkasa banget ngurus kos-kosan dewean,bawel dan agak matre,kalo lagi banyak duit hobinya senyum-senyum dan nyapa anak kos.


**************




Rumah kos dedew bentuknya modern dan bercat merah muda. Penghuninya juga terkenal cantik-cantik,tapi entah mengapa,di situ sering beredar cerita-cerita penampakan cowok ganteng huhuhu. Suatu pagi,kami dikejutkan oleh cerita adik kos. Semalam hujan deras, ia tidur sendiri karena teman sekamarnya pergi kemping. Tengah malam, ia terbangun. Ada seseorang berdiri di depan jendelanya yang menghadap teras.
Awalnya ia cuek dan siap-siap bobok lagi. Eh lama-lama itu anak nyadar,maklum koneksinya lelet. Kalau pagar kos mereka tinggi mana digembok pula,jadi nggak mungkin dong ada yang berteduh di teras malam-malam,lewat mana coba,???. Lalu gempar lah mereka semua,tapi seisi kos pada berusaha tetap cool. Sarah dapat giliran, ia dan dua temannya pulang dugem dini hari. Dasar anak dodol,mereka ngerumpi berisik banget.
Kejadian demi kejadian bikin penghuni makin tak nyaman. Apalagi setelah itu,muncul sederetan cerita penampakan lain yang tak kalah seram dari mulut anak-anak sendri. Dan seperti biasa, di mulailah ritual kami yaitu tidur ramai-ramai. Perlu dijelaskan,acara tidur berjamaah ini selalu berulang tiap kali ada cerita seram anyar beredar.
Hantu gentayangan di kos mereka itu sifatnya musiman kayak musim duren atau musim mangga gitu. Ujug-ujug beredar eh terus menghilang. Prosedur tidur bersama ini selalu sama tiap season. Jika waktu tidur tiba, sekitar pukul 22.30,cewek-cewek yang tadinya beraktifitas normal tiba-tiba hiruk pikuk. Semua brondong-brondong keluar kamar masing-masing menuju kamar tere yang paling besar. Akibatnya, tuh kamar jadi over load,dihuni delapan sampai sepuluh orang cewek penakut.
Cewek-cewek antik ini tidur acakadut di atas ranjang dan lantai beralas karpet. Persis suasana posko bencana,padahal sepuluh kamar lain dibiarkan kosong dihuni mahluk-mahluk halus tengah party. Esoknya,tentu saja mereka bangun kesiangan. Dimana-mana terlihat tampang kusut memegang mug kopi dan teh panas.
Karena nggak tahan kepanasan dan bau ketek di penampungan biasanya aku dan alisha hanya semalam saja ikut ritual kos-an. Kami nekad tidur di kamar masing-masing daripada tidur ala pindang gitu. Padahal asli,mereka berdua penakut banget. Dedew & alisha sampai-sampai menaruh al-quran di dekat kepala mereka sebagai senjata... ckckckc.
Paling heboh ketika cerita penampakan hantupocong melanda Djokdja. Entah dari mana sumbernya. Dari mulut kemulut, akhirnya jadi topik hot berminggu-minggu. Alkisah, seorang anak UGM sedang begadang bikin tugas ehh,tiba-tiba ada Mas pocong duduk manis di sampingnya. Terus ada juga cerita sekumpulan mahasiswa yang sedang ngerumpi dini hati,ehh tau-tau ada pocong iseng nimbrung.
Ada-ada aja cerita-cerita mereka..hehehe. Gosip terparah si katanya ada pocong yang bakal beredar di daerah situ. Payah juga, jaman internet begini, mahasiswa pula,masih saja percaya hal begituan. Bahkan karena capek ketakutan, di pilih jalan keluar lebih nggak banget lagi yaitu anak-anak berinisiatif memanggil tiga paranormal.
Dan diagnosa ketiganya berbeda-beda. Ada yang bilang hantu kos kami tipe standar film indonesia itu. lalias cewek berambut panjang berbaju putih,paranormal satunya yakin kalau si penggamanggu di kos berwujud genderuwo bertubuh sebesar rumah. Paranormal terakhir malah keukeuh,kalau hantunya kakek-kakek museum tukang ngintip. Hahahaaa, ada-ada saja diagnosa paranormal itu. Alhamdulilah, sampai sekarang dedew dan temannya belum pernah tuh ngeliat penampakan mas Genderuwo en the Gank. Tapi sih isu “Disini Ada Setan” bikin kegiatan anak kos berantakan , tidur tak nyenyak,tugas kuliah terbengkalai, dan pastinya capekk lahir batin.


*************


Setiap kos-an punya tradisi sendiri. Kos-n dedew punya satu tradisi yang dilaksanakan turun-temurun . Apalagi buat anak baru yang masih norak-norak bergembira. Tradisi itu bernama ‘NIGHTMARE BIRTHDAY’ , setiap penghuni kos yang berulang tahun , tanpa terkecuali, akan dikerjai oleh anak-anak satu kos-an. Caranya pun berbeda tiap event. Tergantung ide dan kreatifitas yang nongol di otak mereka saat itu.Seperti kunci korban(yang berulang tahun) “dicuri” dan saat ia pergi,mereka menyusup masuk kamar dan mengacak-acak isinya bak hooligans Inggris.
Pakaian rapi jadi dikeluarkan dari lemari. Kasur seprei diacak-acak,pajangan,buku-buku diobrak-abrik,boneka beruang tiba-tiba berbeha pink, celana dalam kotor terpajang manis di kap lampu. Bahkan kamar mandi pun tak luput dari serbuan cewek-cewek barbar. Bak mandi mungil diisi tanah dan bahan-bahan asing lain. Terakhir tulisan Happy Birthday dengan coretan lipstick yang dipilih paling mahal milik si korban,di tulis di cermin.
Hari sabtu ini si Kayla ulang tahun yang ke-20. Suasana kos lenggang karena minggu tenang. Minggu tenang adalah sebutan untuk libur sebelum Ujian Akhir Semester (UAS) dimulai. Penghuni kos mengurung diri di kamar untuk belajar sebisanya.Tak di sangka,beberapa anak ngotot mengadakan nightmare birthday. Ada yang tak mau ikut karena sibuk belajar,tapi lebih banyak lagi setuju dengan alas an refresing.
Setelah lama berdebat,rencana jadi dilaksanakan. Kayla yang sedang berkutat dengan buku Kakulus di kamarnya di panggil oleh tere. Si centil itu pura-pura menanyakan soal-soal Kalkulus dari dosen. Tanpa curiga,calon korban membahas Kalkulus dengan tere. Sesuai rencana hitungan ke-3, Julia dan Disti yang membawa ember berisi adonan bebaubusuk meloncat dari persembunyian. Splaaasshhhhh,.,.,. >,< Julia menyiramkan ember ketubuh kay,Tere langsungmenyingkir sambiltertawa-tawa. EEeiittzz,.,. malah meleset kena dinding. Bersihinnya bakalan susah. Anak-anak mengepung sambil tawa-tawa ganas.
Tere melempar telur busuk. Meleset lagi. Mereka menjerit seru dan berlari kocar-kacir ke segala arah. Ups, dedew nyaris kepleset tapi cepat-cepat memeluk tiang. Kayla ngacir ke garasi menyelamatkan diri. Semua trbahak-bahak melihatnya pontang-panting menghindari serbuan benda asing. Kejadian itu begitu cepat. Tiba-tiba,gadis itu menginjak pecahan telur dan..... Gubrak...!!!!! Terpeleset, Ia jatuh,pinggulnya mencium lantai dan pingsan seketika. Srak-soray dan tawa langsung lenyap.
Berganti kepanikan Anti pun mengambil ponsel dan menelepon rumah sakit. Ambulans dating tak lama kemudian. Kayla segera ibawa ke RSU. Hura-hura siang itu berubah menjadi tangisan. Sesal,Takut, Sedih. Mereka semua berangkat ke rumah sakit dalam senyap. Disti menelpon orang tua Kayla di Rangkasblitung. Tangis ibunya pecah dan mereka berjanji akan segera dating.
Mereka semua duduk di ruang tunggu tanpa berkata-kata. Peristiwa mengerikan itu berkelebat terus di benak. Mereka langsung berpelukan. Tangisan penuh sesal memenuhi ruang tunggu. Semalaman kami menunggui Kayla di depan kamarnya. Orangtuanya belum dating juga. Djokdja-Rangkasbitung bukan jarak yang dekat untuk di tempuh. Mereka merasa sangat bersalah pada cewek itu dan keluarganya. Beberapa anak mengeluarkan al-quran dan buku doa dan duduk melingkar. Begitu doa mereka beribu kali membayangkan wajah manis Kayla. Semua mata tampak sembam dan kelelahan. Esoknya, Kayla siuman.
Mereka mengelilingi tempat tidurnya. Pak dokter setengah baya Nampak serius memeriksa kondisi gadis itu. Ia mencubit pinggul dan paha Kay ber kali-kali dan menanyakan respons gadis itu. Kay mengeleng,tanda tak merasakan apa-apa. Pak dokter tak menyerah. Ia cubit lagi lebih keras. Kay menggeleng. Begitu berulang kali. Ia tetap mati rasa. Lututku lemas, Semua wajah memucat.
Terdengardoa zikir memenuhi ruangan. Tapi pak dokter tidak menyerah. Tiba-tiba, Kayla mengangguk tersenyum. Ia merasakan cubitan itu, Mereka pun berpelukan dengan mata membanjir. Perasaan lega melingkupi. Kami memeluk Kayla beramai-ramai dan membisikan maaf di telinganya. Gadis itu mengangguk dan tersenyum. Orangtua Kay tiba-tiba muncul. Mereka memeluk bapak dan ibu Kayla dan minta maaf atas kekonyolan kami.
Kayla di rawat di rumah sakit selama tiga hari. Setelah itu,orang tuanya membawanya pulang untuk proses penyembuhan. Ia terpaksa tidak bias ikut ujian akhir. Selama ujian kami tak dapat konsentrai sama sekali. Karena mereka nyaris membuat seorang teman kehilangan masa depannya. Tapi mereka bersyukur, Kayla akan segera pulih seperti sedia kala. Sejak itu tradisi merayakan ultah gila-gilaan berakhir selamanya. Tapi kengerian masih terbayang sampai sekarang. Terlalu mahal harga sebuah pelajaran.




**************


Seperti anak muda lainnya, dedew hobi dengar music. Jenis apa saja. Pop,rock,nasyid pop jazz, hingga instrumentalia dedew suka. Tapi biar ngaku maniak gitu, dedew jarang sekali beli kaset atau CD lagu bajakan. Harga kaset Rp.20.000,- - Rp25.000,- per buah, CD yang kualitasnya suaranya lebih jernih, lebih tak terjangkau lagi Rp50.000,- - Rp100.000-an. Kalian tau sendiri kan kondisi keuangan anak kos. Asal ada duit buat makan 2 kali sehari saja sudah hepi syalalaa. Boro-boro mikir beli macam-macam. Sebenarnya sih bias juga dia mengkopi lagu dari CD MP3 dandi masukan ke kompie. Kualitas suara pun katanya lebih jernih program MP3. Tapi... mengkopi lagu dari MP3 kan termasuk kejahatan.
Akhirnya dedew bertekad untuk tidak ikut-ikutan membeli lagu-lagu bajakan. Lagi pula,biarpun murah,yang namanya bajakan kualitasnya jelek dan gosipnya bias merusak player. Tapi hari ini dedew ngidam berat pengen dengerin lagunya grup kesayangan dia,yaitu Padi. Setelah lama tidak launching album, akhirnya mereka nongol lagi. Lagu barunya pun langsung mencuri hati yang sobat Padi sejati.
Dedew mau pinjam teman,tapi belum ada yang punya. Dedew ingin membeli kaset itu. Tapi uang itu mau untuk makan , dia makan saja di irit-irit, beli sate alias sayur tempe terus. Sore-sore pulang kuliah,dedew lewat di depan lapak pedagang VCD dan MP3 bajakan. Terdengar suara khas Fadli mengalun indah. Dedew membayangkan malaikatku membujukku untuk bertahan dengan pendiriannya.
Dedew mengangguk yakin bau sekali ini dia beli bajakan,kata dia ini yang pertama dan terakhir. Soalnya di kos, dia sering sok-sokan jadi aktivis anti pembajakan. Berkoar-koar soal efek jeleknya membeli barang bajakan. Mengkritik teman yang sering beli kaset dan buku kuliah bajakan dengan pedas.
Sesampai di kos, dedew celingak-celinguk kiri-kanan. Lihat situasi, dan ternyata kos-an sepi. Anak-anak belum pulang. Dedew masuk kamar, Segera menutup jendela dan mengunci pintu. Biar si jail Alisha tak menerobos masuk tiba-tiba. Tanpa ganti baju dan cuci muka,dedew langsung memutar VCD tadi di player bututnya. Klip terbaru Padi mengalun memnuhi ruangan, membuatnya ikut bernyanyi.
Perasaan lega dan bahagia memenuhi kalbu.Dia cinta Padi sejak album pertamanya keluar.Lalu lagu berikutnya mengalun dengan gambar potongan klip [enyanyi dan grup music lainnya.Pembajak yang kreatif bin kurang ajar memadukan beberapa klip lagu. Ngaco,tapi dia nggak peduli,dia hanya ingin menderngar lagunya saja.
Bunyi keresek-kresek dari player mengganggu kenikmatan dia. Dia berdiri. Apa yang terjadi, tiba-tiba lagu ketiga memperdengarkan intro, tapi bukan itu yang bikin aku kaget. Yang bikin kaget itu video klipnya itu,terpampang dilayar dua insane berlawanan jenis sedang asyik masyuk di tempat tidur. Potongan adegan film biru dengan soundtrack lagu padi. Dengan gemas dia mematikan player. Perut dia sampai bergolak. Segera kukeluarkan dan kupathkan VCD gres itu hingga hancur berkeping..


************
Tengah bulan adalah masa-masa kritis bagi anak kos. Tak ada lagi acara bela-beli atau cuci mata di minimarket dekat kos. Bahkan untuk bias makan tiga kali sehari,kudu pintar putar otak. Selain nongkrong ramai-ramai di kucingan, ngebon di Mbak Nem jadi pilihan paling rasional. Gizi tetap terjaga bahkan di masa sulit. Tapi kalu wajah si mbak nem udah sepet,sepet gimana gitu melihat mereka,mending tahu diri.
Meminjam sebungkus mie instan pada Sasha(dia tuh anak jiwa pengungsinya sangat tinggi). Nyetok indomie goring sate berkadus-kadus,jadi salah satu cara cepat anak kos menuntaskan lapar. Keadaan bokek berlarut-larut itu bikin anak-anak memutar otak dcerdas, masa mahasiswi nunggu kiriman ortu mullu. Di malam hari mereka pun rapat dan menghabiskan biscuit Julia yan lumayan bias mengganjal perut mereka, tiba-tiba Julia berkata,ia ingin dagang. Beberapa jam kemudian rapat pun bubar, mereka langsung pegi ke kamar untuk istirahat.
Esok harinya, Julia menempelkan kertas bertuliskan ‘WARUNG JEUNG JULIA, SEDIA ROTI BAKAR COKLAT DAN KEJU’,di jendela kamarnya. Lengkap dengan daftar harga. Anak-anak merubungi pengumuman itu. Dedew dan teman-teman bertanya kepada Julia,dia sudah ijin ke pak say apha belum. Lalu Julia mengangguk semangat lalu mengamit lengan Erin, Julia menjadikan Erin sebagai asisten, lalu eri mngangguk pasrah. Setelah itu dedew dan teman-temannya memesan roti bakar yang diinginkan, Setelah Julia mencatat semua pesanan, Julia dan Erin menutup pintu kamar sambil tersenyum rahasia. Bahkan setelah masuk kamar,lampu kamarnya pun di matikan.
Sepuluh menit,lima belas, setengah jam... warung Jeung Julia tetap senyap. Anak kos yang biru-biru bibirnya karena ngobol, mulai gelisah. Sebelum terjadi kerusuhan, Erin dan Julia muncul dari dalam kamar dengan senampan roti bakar berbau wangi. Pintu kamar cepat-cepat di tutup Erin, agar rahasia dapurnya tidak terbongkar. Setelah teman-temannya selesai makan tiba_tiba salah satu temannya , yaitu sasha bertanya kepada Julia, Sasha bertanya pangganga roti punya siapa itu, lalu Julia menjawab dengan gelagapan, maklum sasha kan tetangga kos-an Julia,
Lalu tiba-tiba Sofia lari masuk akamar Julia tanpa sempat di cegah. Lalu terbongkar lah aksi jahat mereka ber dua, Dia memanggang roti dengan cara roti tawar di taruh di meja setrka beralaskan kantong kresek,lalu bagian atas roti di beri alas selembar kertas entah bekas apa, baru lah panggangan alias SETRIKA BUTUT. Julia menekan roti sampai matang. Kayla dan ter langsung muntah,karena dia yang paling banyak makan roti bakar itu.


************


Suatu hari tere tiba-tiba dating kepada dedew, ia memamerkan beasiswa yang tlah didapatnya,dedew ter kaget-kaget saat diajak itu anak melihat pengumuman beasiswa di Audit kampus. Dedew kaget, soalnya beasiswa itu hanya untuk mahasiswa yang kurang mampu dan berprestasi bagus dibidang akademik dan eskul saja. Tere itu jauh banget dari predikat tak mampu. Ayahnya kepala cabang perusahaan daerah,sedangkan ibunya guru. Ia mampu kuliah di Djokdja,tinggal di kos yang fasilitasnya lengkap,uang saku yang lebih dari cukup setiap bulan.
Dan hari init ere menyambut dedew dengan suka cita, stelah iah mendapak kan beasiswanya,ia langsung mentraktir teman kos Yogya Chiken,KFC local gitu. Juga buat beli celana jins merek terkenal yang dirancang sejak lama. Ia mengaku fakir miskin demi mendapat beasiswa. Hihihiyyyy.
Keesokan harinya tere mengajakku melihat pengumuman penerimaan beasiswanya di madding fakultas. Selai tere, ada Irawan anak seorang colonel TNI AD dan andhika yang sering ku tahu wara-wiri di kampus pake mobil mahal. Irawan sekelas dengan dedew pas kuliah di MKL, jadi dia lumayan akrab.


*************


Di kos-an dedew di julukki temanya sebagai film documenter terkenal karya Garin Nugroho jama dulu banget. Susahnya mesti nyesuain diri dengan tingkat pendidikan dan lingkungan baru, jadi rapot dedew nilainya naik turun mengikuti proses adaptasi. Enaknya dedew menjadi punya sahagat di berbagai daerah. Tapi ada seorang sahabat yang nggak mungkin terlupakan. Dia bernama anisa, ia satu sekolah dengan dedew belasan tahun lalu. Awalnya dedew menganggap annisa sombong & jutek banget.


Tapi berkali-kali ‘terpaksa’ pulang bareng, ternyata mereka cocok. Semua yang dia sukai sama persis,Klop banget pokoknya deh. Mereka tak sekelas tapi kemana-mana selalu berdua. Waktu kelas 3 SMP, dedew dan nisa pengen banget meniru upacara ritual ala Indian di film-film. Menjadi saudara sedarah gitu loh. Mereka sudah menyiapkan sebatang jarum,untuk menusuk jari tangan mereka dan akhirnya di tempelkan.


Tetapi dedew malah kabur, karena dia takut dengan jarum tajam. Hingga mereka kelas 2 SMA, ayah dedew pindah tugas ke Palembang. Mereka berpisah. Dedew dan nisa sangat sedih, mereka nangis di depan gerbang di komplek perumahan dedew, mereka berjanji mesti kuliah di Djokdja. Mereka akan ketemu dan ngekos bareng.


Lalu saat mereka sudah kuliah,mereka bertemu di malioboro,sayangnya mereka berbeda kampus dan letaknya berjauhan pula. Tak mungkin mereka ngekos bareng. Awalnya mereka rutin ketemuan,tapi lama-lama,karena kuliah yang padat teman dan kegiatan yang seru,jadwal ketemu makin langka. Sering kali dedew berbohong,tidak bias bertemu dengan nisa, lama kelamaan nisa tau dan beberapa kali tertipu, nisa pun marah sekali ia tak mau ber temu dengan dedew, sudah berkali-kali dedew minta maaf,tapi dedew tidak menggubris
.
Bertahun-tahun tinggal di Djokdja yang sama sekali tidak bertegur sapa,dedew pun menyesal. Hari itu,dedew membeli setangkai bunga Bakung untuk si keras kepala itu. Ketka kata-kata menjadi basi,mungkin lewat bakung ungu ini, nisa akan memberiku sebaris maaf.


*************


Dedew suka mencoba hal-hal yang baru, sperti berteman denga anak Mapala alias Pecinta Alam. Pas liburan semester, anak Mapala mengadakan wisata naik gunung. Ke gunugn sindoro di Jawa Tengah. Dedew penasaran dan dia ikiutan. Dedew itu badannya ringkih,dia suka pusing kalau di tempat yang tinggi,tapi bukan dewi namanya kalau menyerah.


Dedew bertekad menghadapi tantangan itu, melengkapi diri dengan ransel gunung pinjaman yang besar dan beratnya melebihi bodinya. Hari H, dede dan ine naik truk untuk pergi ke gunung, Sampai di kaki gunung, mereka pun menginap semalam di sebuah dusun untuk beristirahat, mengumpilkan tenaga untuk pendakian besok. Begitu malam tiba siksaan sesungguhnya dating. Kantung tiur beberapa lapis celana,sarung dan selimut tak mampu mengusir hawa dingin.


Esoknya pendakian gunung di mulai. Dedew berada di kelompok paling depan dan tentusaja yang pertama berangkat. Tetapi setelah melewati beberapa base,jalana semakin curam dan menanjak. Dedew mulai kepayahan dan berpegangan pada Ine. Setelah berjam-jam perjalanan yang penuh derita akhirnya sampai juga di puncak. Dedew tiba terakhir dan di seret oleh ana Mapala,dedew malu banget.Setelah sampai di puncak, kelelahan dedew pun terbayar oleh indahnya pemandangan. Perasaan kagum akan kebesaran Tuhan membuncah




*************


Anak-anak kos-kosan itu bak burung yang lepas dari sangkarnya. Yang tadinya anak rumahan, tiba-tiba berubah sangar. Dulu boro-boro keluar malam,pulang telat saja nyokap bias marah-marah. Pas weken,jangan Tanya kemana, pasti mereka-mereka pada pergi ke party lengkap dengan dandanan super keren.


Sofia dan Alisha beda lagi firusnya, Mereka pada punya pacar baru,teman sekampus juga. Tingkahnya kaya baru lepas dari kerangkeng deh. Sekarang anak-anak yang selalu ada,tiba-tiba asyik sendiri. Mendadak kembar siam gitu dengan. Mahkluk cowok antah-berantah. Kalo iseng di hitung-hitung,pergaulan penuh hura-hura butuh biaya yang nggak sedikit lho,anak-anak punya hobi baru lag,yaitu berkeluh kesah sambil ngtung-ngitung pengeluaran.


Dedew pernah jadi korban pecandu hura-hura. Pagi-pagi buta, tumben-tumbenan Mbak Andien main ke rumah dedew, dia tampak sedih dan mukanya sangat kuyu, dedew pun kasihan melihatnya. Eh ternyata Mbak andien ingin meminjam duit kepada dedew,perem puan itu berjanji akan mengembalikannya. Ech trnyata bener kata temen kos-kosannya dedew,dia itu tukang tipu. Dia itu minjem uang cmn untuk hura-hura.
Suatu malam mereka berhasil mencegat Mbak andien di dapur dan memaksanya berunding. Dedew minta uangnya segera di kembalikan,kata dedew kalo uangnya gga di kembalikan dia akan lapor kepada orangtua mbak andien yang di Surabaya. Eh mbak andien ternyata ketakutan, dan ia pun membayar utangnya dengan cara menyicil seadanya.


*************


Menguasai bahasa inggris bagi dedew itu suatu keharusan. Makannya dedew ingin bias berbicara bahaa inggris, dia mengikuti les atau kursus percakapan bahasa inggris bersama mbak leslie. Kursus itu diadakan tiga kali seminggu selama tiga bulan,setiap pertemuan berdurasi dua jam.


Sebagai tugas akhir,pak tentor mewajibkan kami berburu dan mewawan carai mereka. Topik obrolan bebas, yang penting mereka ngobrol dengan bule dan direkam. Hari minggu mereka pun pergi berburu bule. Mereka menyusuri malioboro dan purawisata tempat nongkrong turis. Lalu dedew pun menemukan turis, dia bernama Dave, dia cowok ramah dari Norwegia.


Dedew pun gugup saat mewawan carai dave, direkaman itu terekam suara dedew dan bule itu,lucunya di rekaman itu dedew terlihat sangat gugup dan blank..hihihiiii,. Lalu hari berikutnya dedew berhasil mewawancarai turis asal Belanda,seorang ibudan anak gadisnya.




*************


Dedew punya teman, namanya Serena. Pertama ia kenalan dengan Serena, saat acara reuni alumni jurusan dia, Dedew dan Serena itu di ajak Pak Dosen jadi penerima tamu. Serena itu berkulit hitam manis dan ramah pada siapa saja. Siapa pun langsung bias akrab dngannya. Serena sudah punya pacar sejak SMA . Pacarnya pun kuliah di kampus yang sama. Alex bad boy, Begitu gossip yang terdengar. Ia jarang kuliah. Dia suka dugem dan gemar balapan liar dengan motor kebanggaannya. Serena sering kali di kasari oleh Alex. Dedew sangat marah mendengar Serena cerita seperti itu.
Tetapi serena tetap saja yakin bahwa alex itu saying pada dirinya. Sekarang Alex jarang sekali terlihat di kampus. IPK’nya saja satu koma. Beberapa bulan kemudian, barulah aku tau cerita sebenarnya. Mereka menikah karena dia itu sudah mengandung empat bulan. Dia di usir oleh orang tuanya yang malu,atas kelakuan anaknya. Mereka terpaksa mengontrak di bedeng reyot di Djokdja dengan tabungan yang ada. Serena ini berjuang sendiri . Ia merawat anak,bekerja paruh waktu, dan meneruskan kuliahnya yang terbengkalai. Untunglah ada tantenya yang sangat mendukung gadis itu. Si tante membantu menjaga anak Serena ketika ibunya kuliah dan kerja.
Wakttu berlalu, putrid pertama Serena kini sudah berusia setahun. Ia lincah dan suka berceloteh menggemaskan. Ia menjadi penghibur dan penyemangat mamanya. Dedew mendengar Serena sekarang sedang mengandung anak keduanya. Tak ada perubahan dari Alex selain ia akan menjadi ayah dua anak. A tetap kasar. Pengangguran. Ia kerap kali merampas uang hasil kerja itrinya. Dedew sekarang lama tidak bertemu dengan Serena, tiba-tiba dedew menerima berita tentang Alex suami Serena kini telah meninggal karena Sakit.


Dedew merasa tidak tega karena Serena waktu itu sedang hamil anak yang kedua. Bahkan setelah Alex meningga, orangtua sna masih tetap berhati batu. Sekarang Serena semakin taat beribadah. Serena saying memang permpuan yang tegar.


**************
Dedew punya sodara dari Sukabumi,ia di panggil Bi Iyung. Bi Iyung adalah adik papahnya dedew. Ia sedang ber libur kerumah dedew. Hari itu ,rumah mertuanya bi iyung lenggang. Semua orang pergi kerumah saudara yang akan hajatan.


Di hari itu bi iyung bertemu dengan ibu-ibu yang sedang mengandung tua, tiba-tiba ada air mengalir di kaki ibu hamil itu,ternyata itu air ketuban. Bi iyung pun ke bingungan dan memanggil Uli dan Ira agar memanggil bu bidan supaya kewartel. Setelah itu bi iyung menyuruh ibu-ibu itu supaya tidur di kamar blakang wartel,bi iyung pun berdoa agar dia dimudah kan dalam menolong ibu hamil yang mau melahirkan itu, Bi iyung pun mencoba sebisa mungkin agar ibu tiu bias melahirkan dengan selamat.


Tiba-tiba bi iyung melihat sesuatu yang nongol, ternyata itu kepala bayi. Lalu bayi itu keluar dengan selamat. Bi iyung pun lemas,lalu ira member bi iyung minum agar lebih tenang. Ira dan uli pun terheran-heran,karena bi iyung bias membantu ibu-ibu itu melahirkan.


*************


Kota Djokdja punya daya tarik tersendiri bagi dedew dan temannya di SMA Palembang. Suatu hari dedew dan temannya nekad liburan ke Pantai Baron bersama teman-temannya. Setelah sampai mereka menghabiskan waktu di pantai,berenang, mencari kerang, berjemur, makan siang dan foto-foto. Pukul setengah enam sore, pantai sudah mulai gelap. Anak-anak terlihat lelah dan mengantuk.
Di perjalanan pulang, mereka masih tetap bersenda gurau. Padahal jalanan yang dilalui berkelok-kelok. Saat mobil di tanjakan, tiba-tiba bis besar di depan kendaraan mereka mundur karena tak kuat menahan beban penumpang. Suasana kacau balau. Isban berusaha keras menghentikan laju mobil,tapi sia-sia. Anak-anak cowok yang duduk di jok belakang tanpa sadar berlompatan ke jok tengah. Mereka berhimpitan di tengah sambil tak sadar berteriak histeris.
Isban menabrakan mobil ke tebing di sebelah kanan jalan. Karena kejadian itu, anak-anak terpaksa patungan uang yang jumlahnya cukup besar untuk mengganti kerusakan.


*************


Kayaknya semua kendaraan bermotor kompak dngan dedew. Biarpun di bela-belain les privat,tetap saja gak bias-bisa naik motor dan mobil. Mama dedew memaksa dedew belajar menyetir. Bahkan membayar seorang supir angkot bernama Om Ading ,ia bertubuh gagah dan berambut cepak ala tentara. Tetapi tetap saja dedew tidak bias, sampe-sampe Om Ading itu menyerah.
Suatu hari,tetangga dedew membeli motor baru, ia bernama Cici. Dedewter kagum-kagum di buatnya. Dan hebatnya,Cici tak butuh lama untuk jago mengendarai motor itu. Suatu sore, dedew dan cici baru pulang dari supermarket Abe. Tentu saja ia memboncengkan dedew. Lalu cici menyuruh dedew untuk memboncengkannya. Dedew pun mau tapi takut, setelah itu dedew pun mulai memboncengkan cici. Ternyata dedew menabrak pot bunga milik seorang ibu-ibu, Ternyata itu rumah 2 orangtua pendududk asli situ. Mereka pun kena amuk oleh ibu-ibu itu.


**************


Punya teman serumah seabrek gitu,nggak mudah. Tiap orang punya karakter dan pembawaan masing-masing. Gara-gara dulu anak-anak kos hobi begadang jadi mereka kena insomnia. Sampai bolak-balik control ke dokter dan minum obat. Kayak hari ini, mereka lagi menunggu dosen wali di depan ruangannya. Eh tiba-tiba ada Cynthia lewat, lalu si sofia dengan lepasnya menyindir Cynthia si bodong, dedew dan sofia pun ketakutan dan berbalik arah,tiba-tiba Cynthia mengejar mereka. Ech ternyata Cynthia cumin tersenyum melihat dedew dan sofia.
Pernah juga kejadian di kelas, ada seseoran cowok berondong sedang godain dedew,sofia dan teman-temannya. Tiba-tiba sofia menyindir cowok-cowok itu. Cowok-cowok itu tersinggung, dan waktu dedew dan sofia pulang sekolah cowok-cowok itu mengikuti mereka. Untungnya mereka bias menghindar dari cowok-cowok itu.


*************


Peramal, Dukun, Paranormal, atau Cenayang, berbagai macam sebutan kini jadi profesi laris menndatangkan banyak uang. Ketika kos-an dilanda isu setan, Ibu kos dedew dan anak-anak langsung berinisiatif memanggil orang pintar. Ternyata, begitu lekatnya peramal dan ramalanya dalam kehidupan kita sehari-hari.
Pulang kuliah, mereka berempatmencari alamat peramal yang dimaksud. Rumah si peramal sulit dicapai,letaknya di perkampungan padat penduduk. Mereka berputar-putar sampai Ashar hingga akhirnya ketemu juga. Sebuah rumah panggungyang Nampak reot, kotor tak terurus. Mereka duduk di lantai kayu mengelilingi nenek tua itu. Setelah teman –teman dedew diramal, akhirnya dedew dapat gilirannya. Tiba-tiba Azan maghrib berkumandang,mereka pun langsung kabur, dan mengaku menyesal sudah dating ketempat itu.


*************


Musim ujian tengah semester tiba. Waktunya untuk bertapa dan cari wangsit di kamar masing-masing. Lagi sibuk-sibuk belajar eh tau-tau Julia lari-lari masuk ruang TV, dedew dan teman-temannya pun kaget. Lalu juli memberitahukan kepada mereka kalau Rasti pingsan, penyakit asma dia kambuh. Lalu seorang anak menelpon Tksi dan tak lama kemudian taksi dating,dan membawa rasti ke rumah sakit.
Sampai dirumah sakit,rasti langsung dibawa ke Unit Gawat Darurat, dan langsung ditangani oleh dokter. Di rumah sakit,dedew dan temannya ttidak sadar kalu dandanan mereka itu tidak wajar. Lalu mereka pun terbahak-bahak menertawakan mereka yang dandanannya nggak karuan.


*************


Pulan kuliah dedew dan ine pergi ke Malioboro. Didepan took Merah Gajayana, naik beberapa cowok gaya mahasiswa. Mereka berdiri berdesakan oleh para penumpang. Lalu orang itu berkata kepa da dedew bahwa dompetnya jatuh. Lalu dedew member kode kepada ine agar turun dari bis. Tetap sial baginya,dompet dedew itu kosong,tidak ada isinya sama sekali.


*************


Di kos anak-anak punya kebiasaan buruk, yaitu begadang. Dedew tahu banget kalau kebiasaan begadang, apalagi untuk ngerumpi itu sia-sia, malah merusak kecantikan kulit karena kurang tidur. Suatu malam mereka ngumpul di kamar tere. Ternyata merka semua terganggu dengan suara dedew dan temannya. Terutama Lintang, karena sehati,obrolan lintang makin seru dan lintang pun mendengarnya.
Paginya dedew dan temannya ingin meminta maaf ke lintang Karen sudah menggunjing dia. Sesampainya di kamar lintang, mereka pun minta maaf,dan lintang pun memaaf kan mereka.Sabtu siang, dedew benar-benar suntuk di kos. Hari libur ia gunakan untuk liburan ke hutan wisata di kaliurang.Cewek sekarang fasihnya jadi anggota Senat tapi masak dan beres-beres tidak becus.


*************


Bukan berita baru lagi kalu KKN. Kuliah kerja nyata dijadiakan ajang pencarian jodoh.Gosipnya si sasha pacaran dengan anaknya pak kadus. Ternyata itu benar,sasha serius pacaran dengan dia. Beberapa bulan kemudian, Mama dan Papa Sasha cair. Pendekatan Mas Pri bikin luluh. Cinta ternyata benar-benar ajaib cara kerjanya. Kita tak bias tau siapa jodoh kita.


**************


Tadi siang, dedew mampir di perpustakaan Jepang. Begitu sampai di pintu perpus, pengunjung disambut sebatang pohon harapan. Setiap tanggal sepuluh agustus perpustakaan ini mengadakan festifal tanaba. Jadi ingat jaman SD, Ibu guru menyuruh dedew membuat surat dan mengirimkannya pada Pak Presiden.Beda sekali ya, dengan surat seorang penyair cilik, Faiz pada presden RI waktu itu, Ibu megawati. Ia meminta ibu presiden untuk turun langsung untuk turun melihat rakyat miskin.



By : Dewi Rieka Kustiantari

Anak Kos Dodol

(catatan Mahasiswa Gokil VON DJOKJA)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar